Pengembangan Kompetensi SDM Kependidikan
Belajar adalah suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan, kearah yang lebih baik dan bersifat menetap.. Oleh karena itu, seorang guru perlu memiliki beberapa kemampuan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat serta sesuai dengan taraf perkembangan siswa.
Adapun tujuan pengembangan SDM
untuk memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dengan standar kinerja yang telah ditetapkan
Sebagai profesi, beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, kompetensi dibagi menjadi 2 kategori :
Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
Adapun tujuan pengembangan SDM
untuk memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dengan standar kinerja yang telah ditetapkan
Sebagai profesi, beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, kompetensi dibagi menjadi 2 kategori :
- Threshold competencies (kemampuan untuk bekerja)
- Differentiating competencies (faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi/rendahnya kinerja)
Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
- Kompetensi Pribadi
- Kompetensi Profesional
- Kompetensi Sosial Kemasyarakatan
Oleh sebab itu guru haruslah mampu :
Strategi Pengembangan Melalui Belajar :
- Menginspiring
- Membuat bahagia: peserta didik, kepala sekolah, orang tua, masyarakat
- Mewakili perasaan (kompetensi sosial)
- Mengharumkan => dengan pemerolehan prestasi yang baik
- Mengembangkan diri, tidak boleh out of date sehingga tidak mudah layu
Strategi Pengembangan Melalui Belajar :
- peningkatan kualifikasi pendidikan
- pendidikan dan pelatihan
- kursus
- In House Training
- peningkatan budaya membaca
- aktif dalam mail list
- Mengidentifikasi SDM
- Melakukan pemetaan kapabilitas guru
- Menganalisa kebutuhan pendidikan dan memberikan pelatihan berbasis
- Memperhatikan faktor-faktor yang saling terkait dalam membangun SDM pendidikan profesional
0 Response to "Pengembangan Kompetensi SDM Kependidikan"
Posting Komentar